Jawaban Latihan Kedelapan (8)

Jawaban Dan Penjelasan Latihan Kedelapan.

Bagian A.

  1. Jawaban A. Kalimat inimerupakan kalimat aktif Present Perfect Tense (ditandai have chosen). JAdi kata kerja yang diisikan harus pula dalam bentuk Present perfect, sehingga pilihan yang tepat adalah “have been a member”.
  2. Jawaban B. Kata “bit” digunakan untuk menyatakan bagian kecl dari sesuatu. Karena berkaitan dengan benda yang tak dapat dihitung (music), maka untuk menyatakan “sedikit” digunakan kata “ a little”.
  3. Jawaban C. Kata “awere” adalah sebah kata sifat dan selalu dipakai secara predikatif. Sebagaimana kata sifat lainnya, jka dipakai dalam kalimat secara predikatif, maka “ aware” harus didahului “be”. Karena subjeknya jamak (officers) dan bentuk waktu lampau (ditandai wanted), maka piihan yang tepat adalah “ware awere of”.
  4. Jawaban B. Pemilihan opsi b yang menggunakan kata “excludes” dalam kalimat tersebut adalah karena subjek nya tinggal (a club). Sementara, mengenaikata “that” dalam kalimat itu adalah sebuah kata ganti penghubung yang  dapat dipakai dengan antecedent orang maupun bedan, dengan arti “yang “ sehingga kata “that” dapat dipakai sebagai alternative untuk “who, whom dan which”.
  5. Jawaban A. Kata hubung “and” menjadi prasyarat bagi kata kerja berikutnya harus parallel dengan kata kerja pertama yang dalam bentuk Past Tense (marched). Pola “stop + to V1” menyatakan menghentikan aktivitas yang sedang dilakukan dan beralih ke aktivitas yang baru.
  6. Jawaban B. Karena merupakan objek untuk kata kerja “reprimanded” (memarahi), kata ganti “kami”  bahasa inggrisnya yang tepat adalah “us”.
  7. Jawaban D. Dalam bentuk frasakata benda dalam bahasa inggris biasanya mengikuti hokum MD(yang menerangkan {modifier} ada didepan yang diterangkan {head}). Dengan demikian, kata “brilliant” (cerdas) posisinya didepan “success” (keberhasilan atau orang yang sukses). Sedangkan artikel “a” untuk menunjukkanhanya satu orang yang dimaksud. Namun, ada beberapa perkecualian hokum MD ini, meski jumlahnya tidakbanyak , yaitu :“way out” (jalan keluar), “ volumeone” (jilid satu), “room seven” (kamar nomor tujuh), dsb.
  8. Jawaban C. Kalimat pengandaian tipe 1 yang tanpa menggunakan kata “if’ dapat mulai dengan frasa yang memakai struktur balik atau inversi, yaitu : should it… (seandainya hari…).
  9. Jawaban B. Kata “hardly” dianggap “semi negative” atau depricative word” dan berfungsi sebagai kata keterangan (adverb). Posisinya mendahului kata kerjayang diterangkan. Sehingga isian yang tepat adalah “… we could hardly hear the television…”
  10. Jawaban C. Dalam kalimat pengandaian tipe 1,kata kerja dalam bagian kalimat yang mulai dengan “if” harus berbentuk waktu Simple Present Tense, menjadi “leaves” (berangkat).
  11. Jawaban  A. Kalimat tersebut harus dilengkapi dengankata ganti kepunyaan yang berfungsi sebagai kata penghubung (relative pronoun ), yaitu “whose”.
  12. Jawaban D. Kalimat itu mulai dengan subjek yang berbentuk “kata kerja +ing” (gerund) dan negative, jadi: “not being able” (ketidak mampuan).
  13. Jawaban C. Ungkapan yang berarti “terpaksa” dengan subjek jamak (working parents) untuk kalimat bentuk waktu lampau (Past Tense) adalah “were obligaed”. Penanda Past Tense dalam kalimat tersebut adalah kata “elimated” (memakai –ed), yang berarti menghapuskan.
  14. Jawaban C. Keterangan waktu yang dia awali “by…”, kalimatnya past dalam bentuk Future erfect tense.Karena subjek berupa benda, maka kalimat ini pasti dalam bentuk Passive Voice, sehingga pilihan yang tepat adalah “ will have been”.
  15. Jawaban B. Kalimat ini adalah sebuah kalimat pengandaian tipe II dengan menggunakan pola tanpa “if”, dan mulai dengan struktur pembalikan  (inversi), yaitu “were banks to increase” (seandainya bank akanmeningkatkan ). Jika menggunakan struktur biasa yang memakai “if”, maka bunyinya “ifbank were to increase”.
  16. Jawaban D. Keterangan waktu “since” (sejak) menjadi penanda bahwa kalimat tersebutmenggunakanPresent Perfect Tense.Karena terkait dengan benda jamak (people), makabentuk “be”yang paling tepat adalah “have been”.
  17. Jawaban C. Logika kalimat ini adalah waktu mensponsori jauhlebih dulu dari pada tidak nampaknya si permpuan yangdimaksud. Kata “recently” segolongkan dengan kata “lately” dan “since” yang berkaitan erat dengan Prefect Tense.(Quirk, 1972 : 487).
  18. Jawaban C. Penggunaan “be + V3 (participle)” seperti penggunaan “ be + adjective”. Contoh lainnya “ Paul will be pratared for an exam. (Azar, 1993:294.
  19. Jawaban B. Struktur “as… as” disebut “equal comparison”, untuk menunjukkan dua hal yang sama baik mengenai sifat ataupun caranya. Perbandingan ini berlaku untuk adjective maupun adverb.
  20. Jawaban D. Sruktur seperti ini disebut Restrictive Relative Clause (kalusa relative yang membatasi subjek). Hal ini biasanya ditandai dengan artikel “the” pada bendaatau orang yang dimaksud. Dalam soal ini, artis yang dimaksud hanya satu, sehingga diikuti dengan “has” bukan “have”
  21. Jawaban D. Sebagai anakkalimat relater (relative clause) yang berarti ”bagaimana (cara) computer bekerja” dalambentuk waktu Simple Present Tense adalah”how thecomputerworks”.
  22. Jawaban C. Menurut Degrees of comparison untuk menyatakan “lebih” pada kata sifat yangterdiri dari dua suku kata dan berakhir pada –er, -le, -ow, -y, dan –some, maka peraturannya sama dengan pada kata sifat yang terdiridari satu sukukata. Kata “healthful” terdiri dari sau suku kata, tetapi tidak termasuk dalam aturan tersebut, makakata iniikutpada peraturan penambahan “more” dan “most” didepannyauntuk menyatakan tingkat lebih dan tingkat paling.
  23. Jawaban A. Akhiran Tanya atau “question tag” untuk kata kerja bentukwaktu Past Tense (kept) dan subjek kata benda tunggal (personality) adalah “didn’t it”.
  24. Jawaban B. Ungkapan yang berarti “meskipun dapat dimengerti/dipahami” dalam bentuk ringkas adalah “although understandable” dari bentuk lengkap “althoughit was understandable”.
  25. Jawaban B. Kalimat tersebut ditandai bentuk Past Tense (ditandai oleh was), sehingga opsi yang mungkinadalah B dan D  yang menggunakan tense sejajar (would). Karena logika konteks kalimatnya berstruktur aktif denganobjek penderita “ the case”, maka pilihan yang tepat adalah B (would not hear).

Bagian B

  1. Jawaban C. Kata penghubung “because” dalam kalimat tersebut tidak tepat dantidak masuk akal, dan akan menjadi benar jika diganti dengan “although”, “though”, atau “even though”.
  2. Jawaban D. Frasa kata benda dan kata majemuk padaumumnyamengikuti urutan struktur “modifier +head” (kata yang menerangkan +inti). Sesuai dengan isikalimat tentang apa yang akan dilakukan olehpemerintaj, maka yang menjadi “head”-nya adalah “tax” (pajak) dan “modifier”-nya “increases” (kenaikan), sehingga menjadi “tax increases” (kenaikan pajak).
  3. Jawaban C. “be” memiliki fungsimenjelaskan subjek kalimat ketika diikuti oleh adjektif. Dalam soal ini, subjeknya adalah “tjestyle of the home” yang merupakan benda tunggal, sehingga diikuti be “is”, kemudian diikuti adjektif. Sehingga, bentuk yang tepat adalah “typical” (khas).
  4. Jawaban C. Dalam mengatakan duahal yang sama, kita dapatmenggunakan “the same as”atau “similar to “. Sehingga, bentuk yang tepat adalah “Peter whises to be an architect similar to his father”.
  5. Jawaban D. Penggunaan “the” dalam kalimat untuk menunjukkan bahwa pembicaraan tersebut benar-benar memusatkan perhatian pada suatu hal tertentu (specific thing). Sehingga, bentuk yang paling tepat adalah”……to warn the villagers of the attack”.
  6. Jawaban B. Kata “never before” (belum pernah sebelumnya ) menghendaki struktur inversi atau perbalikan, untuk menguatkan makna. Sehingga bentuk seharusnya  adalah “hadhistory seemed”.
  7. Jawaban C. Penggunaan “be opposed to” ini mengikuti “be + Past Participle used as adjectives” (stative passive). Adapun penggunaanbentuk be (was) dalam waktu lampaumenyesuaikan kata “told” yang sebelumnya sudah ada.
  8. Jawaban B. Kata depan “to” yang dalam kalimat tersebu tberarti “kepada” atau “ menuju”, mestinya diikuti sebuah kata bendam yaitu “success” (keberhasilan).
  9. Jawaban D. Karena mengacu kepada dua orang anak (twin=kembar), maka kata ganti terkait yang tepat bukan “her”, melainkan “their”.
  10. Jawaban A. Karena didahului “to be “, maka struktur pasif yang benar harus mengubah kata kerjanya kedalam bentuk Past Participle (V3) menjadi “to be held” (yang akan diselenggarakan).
  11. Jawaban C. Meskipun “apartment” mulai dengan huruf hidup, artikelnya bukan “an”, melainkan “a”. Sebab, didepan kata “apartment”terdapat kata-kata yang mulai dengan huruf mati atau konsonan yaitu “more comfortable”.
  12. Jawaban A. Dalam struktur pengandaian (Conditional Clause) tipe III kata “will “ harus berbentuk lampau (would). Bagian yang berstruktur kalimat pangandaianadalah yang mulai dengan kata “if”, yaitu “if I had known….” (seandainya aku telahtahu).
  13. Jawaban C. Kata yang menggunakan “the”, yaitu “the rain” (hujan) adalah sebuah kata benda. Sehingga , kata “because” yang ada didepannya harus diganti menjadi bentuk kata depan (preposisi), yaitu “because of” (dikarenakan oleh).
  14. Jawaban D. Kalimat yang mangandung isi suruhan atau permintaan jika diikuti akhiran Tanya (question tag), yang benar adalah “will you?” (maukan?).
  15. Jawaban  B. Seperti halnyakata “a number of “, “an amount of”, dan sebagainya. Kata “a minimum” juga harus diikuti preposisi “of “ jadi “a minimum of”. Frasa “a minimum of two gallons” artinya sedikitnya dua gallon.
  16. Jawaban D. Pola subjunctive adalah : Struktur semacam ini disebut “mandative subjunctive”. Dengan catatan, bahwa “be” setelah”it” itu “tense-nya bisa apa saja. Tetapi, “not”terletak mendahului “be”.
  17. Jawaban A. Kata “work” (pekerjaan) termasuk kata benda yangtak dapat dihitung (uncountable noun), maka determiner “many” seharusnya “much” (banyak).
  18. Jawaban A. Anak kalimat yang mulai dengan kata “yang tergantung….” Dalam bahasa inggris dapat menggunakan “which/that” + kata kerja ataukata kerja +-ing, menjadi “which depend”, “that depend”, atau “depending”.
  19. Jawaban D. “ Expect” termasuk Causative aktif, sehingga kata kerja yang mengikutinya harus berbentuk infinitive tanpa “to”.
  20. Jawaban B. Kata “a few” (untuk benda yang dapat dihitung)  dan “a little” (untuk benda yang tak dapat dihitung) adalah kata-kata penentu yang berarti “tidak banyak”. Adapun bentuk lebih atau “comparative degree” untuk kata “few” dan “little” adalah “fewer” dan “less”
  21. Jawaban A. Kata “would better” selalu diikuti “than” untuk menyatakan lebihmemilih yang mana. Jadi, bentuk yang tepat untuk penggunaan dalam kalimat ini adalah “had better”.
  22. Jawaban A. “as hers” seharusnya  “like hers”. Alasannya ialah bahwa kata “like” dalam konteks kalimat seperti inimerupakan sebuah preposisi, jadi harus diikutikata benda, kata ganti, atau gerund. Sedangkan, “as”digunakan jika dibelakangnya berupa sebuah klausa (Subject + Verb).
  23. Jawaban A. Jika ingin menggunakan “ought” untuk menyatakan “harus”, makamesti diikuti “to”. Sehingga, bentuk yang tepat adalah “ought to start” (harus mulai).
  24. Jawaban D. Jenis kata yang menerangkan kata kerja adalah adverb. “Fluent” adalah kata sifat, sehperlu diubah menjadi adverb “fluently” untuk menerangkan kata kerja “sing”.

Jawaban C. Kata “almost” dan “nearly” merupakan kata-kata yang menunjukkan posisi yang dekat dengan batas suatu tingkatan atau keadaan. Sementara , “most” yang berarti “sebagian besar” atau “kebanyakan”, jika diikuti benda yang dapat dihitung harus berbentuk jamak, misalnya most people, most mistakes, dsb. Pada soal ini, kata “state” (Negara) berbentuk tunggal, jadi kata “most” tidak mungkin dipakai. Namun, hal ini tentu tidak berlaku untuk kata “most” yang berarti “paling” dalam Degrees of Comparison” untuk kata sifat. Misalnya : most beautiful, most successful, most interesting, dsb.

Incoming search terms:

  • contoh soal degrees of comparison
  • soal soal pilihan ganda beserta jawabanya tentang degree of comparison
  • soal dan jawaban expression obligation
  • latihan tentang relative clause dalam bentuk paragraf
  • soal pilihan ganda degree of comparison
  • contoh soal pronoun dan jawaban dan alasannya
  • soal pilihan ganda comparative degree
  • soal pilihan berganda tentang degree of comparison
  • soal pilihan ganda adverbial phrases
  • soal pilihan ganda bahasa inggris passive voice beserta jawabannya
You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply


Powered by WordPress | Free Best Free WordPress Themes | Thanks to WordPress Themes Free, WordPress Themes and Themes Directory